Sakral, Baiat PMKNU di Makam Mbah Bisri Mustofa

pmknu-rembang-3

Rembang, Rembangcyber.net – Sebanyak 72 kader NU yang dinyatakan lulus Pendidikan Menengah Kader Nahdlatul Ulama (PMKNU) yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang mengikuti proses baiat di makam KH Bisri Mustofa, kompleks makam Kabongan Kidul Rembang, Ahad (10/12/2023).

Prosesi baiat dipimpin langsung Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bidang Keanggotaan dan Kaderisasi, KH Miftah Faqih.

“Selamat telah lulus mengikuti PMKNU. Semoga ilmu yang didapat, berkah dan bermanfaat untuk mendampingi umat memenangi masa depan,” ucap KH Miftah Faqih.

KH Miftah berharap para alumni PMKNU yang telah dibaiat bisa menjadi solusi dan lentera di tengah-tengah masyarakat.

“Laksanakan proyek sosial yang sudah direncanakan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

cek

Sementara itu, Ketua PBNU bidang kaderisasi KH Muhammad Faisal mengatakan PMKNU yang diselenggarakan oleh PCNU Rembang merupakan penyelenggaraan PMKNU terbaik di Jawa Tengah. Hal tersebut mengacu pada kedisiplinan, ketertiban dan kesungguhan peserta dalam menjalani proses kegiatan.

“Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan PMKNU oleh PCNU Rembang berjalan dengan lancar, tertib dan sangat bagus. Ini PMKNU pertama kali di Rembang dan kali keempat di Jawa Tengah. Dari empat kali penyelengaraan, ini yang terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Rembang, KH Achmad Sunarto mengaku sangat mengapresiasi atas suksesnya penyelenggaraan PMKNU di Rembang. Ia berharap para alumni dapat menjadi panutan utamanya dalam mewujudkan kemajuan dan kemandirian organisasi.

“Alhamdulillah, PMKNU berjalan dengan sangat baik. Selamat kepada para peserta dan semoga ini dapat lebih memajukan organisasi NU di Rembang,” ucapnya.

Senada, Ketua Panitia yang juga Sekretaris PCNU Rembang, KH Muhtar Nur Halim mengaku bersyukur semua proses di PMKNU berjalan lancar awal hingga akhir.

“Bersyukur sekali semua berjalan baik. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu. Ke depan tentu kami ingin menyelenggarakan lagi secara lebih baik lagi untuk menciptakan kader pemimpin NU. Dan untuk para peserta kami ucapkan selamat. Mari kita bersama-sama menguatkan tekad untuk berkhidmat di NU,” ucapnya.

Salah seorang peserta PMKNU, Bisri Cholil Laquf atau yang akrab disapa Gus Gipul mengaku sangat bersyukur bisa menjadi peserta PMKNU. Menurutnya, PMKNU bukan pengkaderan biasa, melainkan pengkaderan yang sangat istimewa. Pasalnya, dalam PMKNU selain mendapat banyak ilmu baru dari para ahli dari PBNU juga menerapkan kedisiplinan yang sangat ketat.

“Alhamdulillah bisa menjadi bagian PMKNU. Ini sangat istimewa karena mendapat banyak ilmu baru dari para pakar, ahli, profesor, doktor langsung dari PBNU. Ini menjadi semangat kami untuk lebih berkhidmat di NU,” ucap Gus Gipul yang juga Wakil Ketua DPRD Rembang.

PMKNU di Rembang selain diikuti jajaran pengurus PCNU Rembang, MWCNU lingkup PCNU Rembang, banom, juga diikuti pengurus NU dari Bandung.

Usai prosesi baiat, peserta mendapatkan ijazah kelulusan dari PBNU sebagai bukti mereka telah menempuh jenjang pengkaderan menengah untuk level pimpinan. Muhtarom

Exit mobile version