27 Oktober Dalam Sejarah

pln

Rembangcyber.net – Beragam peristiwa penting terjadi pada tanggal 27 Oktober. Rembangcyber merangkum peristiwa penting yang terjadi pada hari ini sebagaimana dikutip dari Wikipedia.

Republik Sosialis Soviet Uzbekistan Dibentuk

Pada 27 Oktober 1924, Republik Sosialis Soviet (RSS) Uzbekistan dibentuk. RSS Uzbekistan merupakan satu dari 14 republik yang berdiri di Uni Soviet. Pada Desember 1991, Republik Uzbekistan resmi merdeka.

Awal mula terbentuknya RSS Uzbekistan yakni ketika perbatasan unit politik di Asia Tengah berubah. Garis etnis kebangsaan di Asia Tenggara waktu itu ditentukan oleh Komisaris Kebangsaan Vladimir Lenin dan Josef Stalin.

Beberapa republik di daerah tersebut dihapuskan dan dibagi menjadi lima republik yang salah satunya yakni RSS Uzbekistan. RSS Uzbekistan resmi dibentuk pada 27 Oktober 1924 dan pada tahun berikutnya RSS Uzbekistan menjadi salah satu republik di Uni Republik Sosialis Soviet (Uni Soviet) RSS Uzbekistan memasukkan RSS Tajikistan sampai1929, ketika RSSO Tajikistan diubah statusnya menjadi sama seperti RSS Uzbekistan. Pada 1930, ibu kota RSS Uzbekistan dipindahkan dari Samarkan ke Tashkent.

cek

Kongres Pemuda II Dibuka di Jakarta

Kongres Pemuda II resmi dibuka di Jakarta. Kongres Pemuda II dihadiri berbagai organisasi pemuda seluruh Hindia Belanda (Indonesia). Kongres Pemuda merupakan cikal bakal terjadinya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Awalnya, Moehammad Yamin merumuskan sebuah Kongres Sumpah Pemuda lewat secarik kertas yang kemudian disodorkan kepada Soegondo. Rumusan tersebut disetujui Soegondo dan dibacakan olehnya dan dijelaskan oleh Yamin.

Rumusan tersebut lantas disepakati menjadi Sumpah Pemuda setelahnya. Sumpah Pemuda sendiri jadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Didirikan

Perusahaan Listrik Negara (PLN) resmi berdiri pada 27 Oktober 1945. Awalnya, perusahaan listrik ini dikuasai Jepang. Kemudian, setelah Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, pemuda-pemuda Indonesia merebutnya pada September 1945.

Pemuda Indonesia menyerahkan perusahaan listrik tersebut ke pemerintah Republik Indonesia. Tepat pada 27 Oktober 1945, dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas oleh Presiden Soekarno. Waktu itu, kapasitas tenaga listrik hanyalah sebesar 157,5 MW.

Presiden Pertama Pakistan Lengser dari Jabatannya

Usai dikudeta presiden pertama Pakistan, Iskander Mirza lengser dari jabatannya setelah dikudeta oleh Jenderal Ayub Khan pada 27 Oktober 1958. Awal memimpin, Mirza mengalami ketidakstabilan politik di negaranya sendiri.

Mirza kemudian memberlakukan Undang-Undang Keadaan Darurat pada 7 Oktober 1958. UU baru tersebut dimaksudkan Mirza karena merasa lebih cocok dengan sifat rakyat Pakistan. Mirza juga mengangkat Panglima Angkatan Darat Pakistan, Ayub Khan sebagai administratur keadaan darurat.

Keputusan Mirza tersebut ternyata salah dan berbuah petaka. Ayub Khan memukul balik dan meminta Mirza untuk mengundurkan diri dari jabatannya dalam waktu tiga minggu. Ayub Khan juga membuang Mirza ke Inggris.

Lantas, Ayub Khan mengangkat dirinya sebagai Presiden pada 27 Oktober setelah kudeta yang tidak berdarah. Mirza tinggal di pengasingan di London hingga tutup usia.

Kabinet Kerja Jokowi-JK Periode 2014-2019 Dilantik

Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) melantik para menterinya yang tergabung dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 pada 27 Oktober 2014 di taman belakang istana kepresidenan, Jakarta.

Para menteri Jokowi-JK dilantik setelah diumumkan sehari sebelumnya atau tepatnya pada 26 Oktober 2014. Kabinet kerja berasal dari kalangan profesional, dan usulan partai politik pengusung pasangan Jokowi-JK di Pilpres 2014. Kabinet kerja Jokowi- JK terdiri atas 4 menteri koordinator dan 30 menteri. Red

Exit mobile version