Ratusan Kelompok Tani Terima Bantuan Alsintan dan Bibit

alsintan-rembang

Rembang, Rembangcyber.net – Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Rembang menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Rabu (12/4/2023) sore.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz didampingi Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) dan Kepala Dintanpan Agus Iwan Haswanto di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang.

Bupati Hafidz mengatakan bantuan alsintan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan dengan alsintan petani dapat lebih cepat mengolah lahan.

“Alsintan ini bisa untuk mengolah lahan cepat dan murah. Nah nanti bisa sukses, apalagi pada cuaca ekstrem. Ini harus diwaspadai,” terangnya.

Gus Hanies menyerahkan bantuan kepada kelompok tani

Bupati Hafidz menyebut di Rembang sudah ada 32 ribuan hektare lahan yang telah panen. Rata-Rata hasil panennya 6 – 7 ton per hektare.

cek

Sementara itu, Kepala Dintanpan Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakan peranan Alsintan secara mekanis sangat penting untuk mendukung kenaikan produksi pangan.

“Alsintan sangat membantu keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Rembang,” terangnya.

Agus Iwan menambahkan pengelolaan dan perawatan alat dan mesin pertanian yang baik dapat memperpanjang umur ekonomi serta penggunaannya. Karenanya, pemberian bantuan harus diimbangi dengan pendampingan pengelolaan dan pemanfaatan yang masif.

“Pemanfaatan alat dan mesin pertanian di tingkat kelompok menjadi hal yang wajib dilakukan dan menjadi tanggungjawab pengurus kelompok untuk bisa memakmurkan anggotanya,” imbuhnya.

Pengadaan Alat dan mesin pertanian dan bantuan lain bersumber dari APBD Kabupaten Rembang serta APBD Provinsi Jawa Tengan tahun anggaran  2023.

Bantuan alsintan berupa traktor tangan, traktor rotary dan mesin perajang tembakau. Tak hanya mesin, kelompok tani juga mendapat bantuan bibit tanaman seperti jagung dan durian.

Rinciannya traktor tangan sebanyak 107 unit, traktor rotary 35 unit, cultivator  99 unit, pompa air 17 unit, Hand Sprayer 32 unit, kendaraan roda tiga 32 unit, dan mesin perajang tembakau 41 unit.

Sedangkan bantuan bibit berupa bibit kelapa 425 bibit, bibit jagung 11.250 kg untuk 750 hektare dan bibit durian dengan jumlah 200 batang untuk 2  hektare.

Sedangkan bantuan lainnya adalah premi asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk satu musim tanam kepada 363 kelompok tani.

Perwakilan Kelompok Tani Sidodadidari Desa Woro Kecamatan Kragan, Nasikin yang mendapatkan bantuan traktor mengaku sangat berterimakasih atas bantuan tersebut, terlebih kelompoknya belum memiliki traktor sendiri.

“Saat ini lahan pertanian ditanami padi dan jagung. Kelompok kami ada sekitar 40-an anggota. Nanti bisa mempercepat pengolahan lahan pertanian,” ucapnya. Rom

Exit mobile version