Bawaslu Rembang Fasilitasi Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih

1670831649239_copy_800x450

Rembang, Rembangcyber.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rembang selenggarakan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu di Fave Hotel, Jumat (9/12/2022).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Rembang, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, M Maftuhin mengatakan fasilitasi pengawasan fokus pada Pengawasan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024.

“Dengan harapan, dengan pengawasan yang kita lakukan akan mewujudkan data pemilih yang mutakhir, akurat dan komprehensif,” ucapnya.

Maftuhin menambahkan, fasilitasi pengawasan tahapan Penyusunan Daftar Pemilih melibatkan pengawas kecamatan dan semua stakehoder. Diharapkan semua jajaran Bawaslu di tingkat kecamatan dapat bekerja dengan baik untuk melakukan pengawasan terhadap penyusunan daftar pemilih.

“Dengan fasilitasi ini, kami berharap semua jajaran Bawaslu faham akan pentingnya daftar pemilih, yang salah satunya untuk menghitung kebutuhan logistik utamanya suarat suara. Ini juga untuk memastikan semua pemilih yang memenuhi syarat harus masuk dalam daftar pemilih, dan yang tidak memenuhi syarat harus dikeluarkan dari daftar pemilih,” imbuhnya.

cek

Fasilitasi pengawasan penyusunan daftar pemilih juga menghadirkan komisioner KPU Rembang, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Maskutin. Dalam kesempatan tersebut, Maskutin menyampaikan materi terkait persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024.

Dijelaskan, tahapan penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraaan Pemilu secara garis besar meliputi: penyusunan Bahan Daftar Pemilih, penyusunan DPS, penyusunan DPSHP, penyusunan DPT, Penyusunan DPTb, dan DPK (Daftar Pemilih Khusus).

Kegiatan fasilitasi pengawasan tahapan Pemilu juga menghadirkan dosen STAI Pati, Umi Nadhiroh yang juga mantan anggota KPU Pati periode 2008 – 2018.

Umi secara spesifik membahas materi strategi pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu, utamanya terkait tantangan dalam pengawasan Pemilu 2022. Rom

Exit mobile version