Sekolah ini Manfaatkan Biji Ketapang Jadi Rempeyek

1666919997990_copy_800x451

Kaliori, Rembangcyber.net – Rindangnya pohon ketapang di SMP N 2 Kaliori memunculkan ide dari pihak sekolah, untuk melatih wirausaha para pelajar. Biji ketapang diolah menjadi rempeyek Jipang (biji ketapang).

Inovasi tersebut juga ditampilkan saat sekolah yang terletak di Desa Gunungsari Kecamatan Kaliori tersebut, mengikuti seleksi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Rembang tahun 2022 ini.

Kepala SMP N 2 Kaliori, Surami menceritakan semula ketika seleksi Adiwiyata, pihaknya sempat bingung akan memunculkan inovasi apa. Kemudian tercetus ide memanfaatkan biji ketapang, diolah menjadi rempeyek.

Ide itu berawal dari guru sering melihat adanya siswa memukul-mukul buah ketapang yang jatuh menggunakan batu, ketika istirahat. Setelah itu, diambil bijinya dan langsung dimakan.

“Dari situ, kami muncul ide. Berarti biji ketapang enak dimakan. Bahkan kita masukkan pula dalam program ekstra kurikuler, untuk melatih kewirausahaan siswa, “ ujarnya, Senin (24/10/2022).

cek

Surami menyebut, langkah tersebut juga bisa mengurangi penumpukan sampah organik di halaman sekolah. Pasalnya, pohon ketapang yang tumbuh subur, buahnya banyak berjatuhan, sehingga halaman menjadi kotor.

Berkat program pembuatan rempeyek Jipang, buah ketapang diambil para siswa, guna diberdayakan lebih lanjut untuk olahan makanan ringan.

“Jadi kemasan plastik rempeyek Jipang ini, ada identitas dari SMP N 2 Kaliori. Selain punya nilai ekonomi, juga bermanfaat untuk lingkungan, karena mengurangi sampah organik, “ imbuh Surami.

Menurutnya, sejak usia dini siswa dibekali berbagai macam ketrampilan tambahan, untuk bekal setelah lulus nanti. Red

Exit mobile version