Dikenal Miliki Gotong Royong Tinggi, Banyurowo Jadi Kampung Pancasila 

1653439255545_copy_800x450

Rembangcyber.net, Sulang – Bupati Rembang, Abdul Hafidz bersama jajaran Kodim 0720/Rembang mencanangkan Dukuh Banyurowo Desa Sulang Kecamatan Sulang sebagai Kampung Pancasila, Selasa (24/5/2022).

Kerukunan warga dan toleransi umat beragama menjadi alasan kuat Banyurowo dinobatkan sebagai Kampung Pancasila.

Ditambah lagi sikap gotong royong yang selama ini ditunjukkan oleh warganya, semakin mempertegas terjaganya nilai – nilai Pancasila di kampung tersebut.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya.

“Sikap warga yang selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, toleransi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari patut ditiru.

cek

Ayo bersama bersatu padu membangun kerjasama, mendukung pembangunan di Kabupaten Rembang yang di dasari dengan Pancasila,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Hafidz berharap dengan adanya Kampung Pancasila dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, mencegah paham radikalisme dan menggelorakan semangat gotong royong.

“Semoga di masing-masing desa dapat mencontoh pembentukan Kampung Pancasila yang ada di Dukuh Banyurowo Desa Sulang ini,” tegasnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0720 / Rembang, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati mengatakan Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari – hari. Kampung Pancasila menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memelihara nilai – nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sehingga terwujud kerukunan demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kasad, Bapak Jenderal Dudung agar segera mensosialisasikan lebih luas lagi khususnya dengan pembentukan Kampung Pancasila ini.

Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini untuk menggelorakan kembali nilai-nilai Pancasila seperti kerukunan, gotong royong dan nilai luhur lainnya dalam kehidupan sehari – hari,” ucap Donan.

Donan menegaskan, kedepan TNI akan terus mencanangkan Kampung Pancasila ini ke seluruh desa di Kabupaten Rembang.

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Hafidz.

Pencanangan Kampung Pancasila juga dimeriahkan dengan penampilan drumband pelajar, kesenian Terbangan dari Dukuh Banyurowo, pentas seni pelajar dan bazar UMKM.

Kepala Desa Sulang, Rubianto mengaku mendukung penuh pencanangan Kampung Pancasila dan siap menyukseskan program – program terkait upaya menjaga dan melestarikan nilai – nilai luhur Pancasila.

“Pemerintah desa bersama masyarakat siap mendukung dan menyukseskan program Kampung Pancasila sehingga dapat lebih menumbuhkan semangat gotong royong, kerukunan dan persatuan masyarakat,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan Pencanangan, Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan, Kajari Rembang Syahrul Juaksha Subuki, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rembang, KH Atho’illah Muslim, Kepala Dinpermades Slamet Haryanto dan Camat Sulang Ika Himawan Affandi. Rom

Exit mobile version