Wabup Gus Hanies Janji Bantu Carikan Pekerjaan ABK KM Wahyu Mina Barokah

gus-hanies-14

Rembangcyber.net, Rembang Wakil Bupati Rembang Muhammad Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) berjanji akan membantu anak buah kapal (ABK) KM Wahyu Mina Barokah IV yang dibakar massa di perairan Jorong, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, pada Senin (11/4/2022) lalu.

Pihaknya mengaku sudah meminta Dinas Kelautan Rembang mencarikan pekerjaan baru bagi 17 anak buah kapal (ABK) KM Wahyu Mina Barokah IV mana kala mereka sudah kembali ke Rembang.

“Saya minta nanti Dinas Kelautan mengakomodir kawan-kawan ABK ini. Paling tidak untuk pekerjaan selanjutnya seperti apa. Karena kapalnya sudah dibakar, otomatis kehilangan pekerjaan,” ucap Gus Hanies, Rabu (13/4/2022) malam.

Gus Hanies menambahkan, meski pemilik kapal bukan warga Rembang namun pihaknya tetap memberi perhatian bagi warganya yang bekerja menjadi ABK di kapal itu.

“Bagaimana pun juga ini masyarakat kita. Kita mesti tolong,” imbuh Gus Hanies.

cek

Gus Hanies mengajak kepada seluruh nelayan untuk menjadikan peristiwa pembakaran kapal itu sebagai pelajaran bersama. Dia mengingatkan nelayan Rembang agar berhati-hati dan mematuhi aturan agar insiden tersebut tidak terulang kembali.

Gus Hanies menambahkan, menurut keterangan Kepala Dinas Kelautan Rembang, di perairan yang berjarak 11 mil dari pantai itu banyak terumbu karang dan alat tangkap nelayan lokal.

Banyak terumbu karang maupun alat tangkap nelayan kecil lokal yang rusak karena alat aktivitas pencarian ikan yang dilakukan kapal Wahyu Mina Barokah IV.

Gus Hanies menambahkan, Dinas Kelautan Rembang sudah sering menyosialisasikan ketentuan penangkapan ikan bagi nelayan termasuk penggantian alat penangkapan ikan (API) dari jenis cantrang ke jaring berkantong.

“Kita imbau nelayan melalui asosiasi untuk lebih berhati-hati, karena alat tangkap juga sudah berubah dari cantrang menjadi jaring berkantong. Wilayah tangkap juga musti diperhatikan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapal nelayan KM Wahyu Mina Barokah IV dibakar massa di wilayah perairan laut Jorong Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (11/4/2022) pukul 13.00 WITA.

Pembakaran kapal ibermula ketika nelayan di Jorong mendapati informasi adanya sejumlah kapal nelayan cantrang beroperasi sekitar 11,88 mil dari bibir pantai.

Mendapat informasi itu, mereka melakukan penggerebekan.

Mereka menemukan tiga kapal nelayan cantrang yang beroperasi di Perairan Jorong. Para nelayan gabungan itu kemudian mengejar dan berhasil menangkap KM Wahyu Mina Barokah IV. Selanjutnya para nelayan melakukan pembakaran kapal dan membawa seluruh ABK ke Pos Sat Polairud Polres Tanah Laut. Rom

Exit mobile version