Penanganan Darurat Longsor Maguan

longsor-maguan

Kaliori, Rembangcyber.net – Wakil Bupati Rembang, M Hanies Cholil Barro (Gus Hanies) bergerak cepat menangani banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Maguan Kecamatan Kaliori akibat hujan deras pada Kamis, (10/3/2022).

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Gantiaro dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sri Anjarwati meninjau lokasi tersebut.

Usai meninjau lokasi, Hanies mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan penanganan sementara seperti membuat tanggul karung pasir di sepanjang jalan yang longsor. Tanggul sementara bertujuan melindungi tebing dari gerusan aliran air sungai sekaligus mencegah air naik ke pemukiman warga.

“Pekerjaan akan dimulai Senin mendatang bersama BPBD, relawan dan warga sekitar,” ucap Hanies

Ditambahkannya, Pemkab akan mengkalkulasi terlebih dulu terkait penanganan permanen ruas jalan longsor sepanjang 26 meter dan tinggi 4 meter itu.

cek

“Paling cepat di perubahan, kita upayakan, ” ungkapnya.

Terkait penyebab jalan longsor menurut Wabup Hanies karena adanya pendangkalan dan penyempitan sungai disebelah jalan.

Disebutkannya, pemkab telah mengirimkan surat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana untuk mendapatkan ijin menormalisasi sungai terusan dari Waduk Randugunting sekitar 14 kilometer.

“Semoga segera turun ijin dan kita bisa normalisasi,” harapnya.

Kades Maguan, Joko Saiful Ampri menjelaskan, tanah longsor terjadi pada Kamis (10/3/2022) pukul 16.30 WIB.

“Rabu malamnya jalan sudah terjadi retakan, kamisnya ada pergerakan tanah longsor itu,” ujar Saiful. Rom

Exit mobile version