Difabel Tangguh dari Sale

gus-hanies-16

Sale, Rembangcyber.net – Wakil Bupati Rembang M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) menyambangi rumah Ummi Hanik warga Dukuh Sidorejo Desa Sale Kecamatan Sale, Senin (7/2/2022). Ummi Hanik merupakan Difabel tuna daksa yang memproduksi kerajinan keset dari kain perca.

Wabup Hanies mengatakan kegiatan “Sambang Warga” sengaja dilakukannya untuk memberikan motivasi kepada mereka yang memiliki semangat berkarya di tengah keterbatasan.

Sambang Warga juga untuk mengetahui kendala atau kesulitan apa yang dihadapi, sekaligus mendengar keluh kesah warga.

Gus Hanies melihat secara langsung bagaimana perempuan berusia 43 tahun itu menjahit kain perca menjadi keset.

Gus Hanies juga tampak berbincang gayeng hampir 30 menit dengan Ibu Ummi.

cek

Dikatakannya, Ummi Hanik patut menjadi contoh bagi semua orang.

“Bu Ummi ini semangatnya luar biasa. Bisa jadi contoh bagi kita, dengan keterbatasan beliau, tapi mempunyai kelebihan yang mungkin tidak kita miliki. Kehadiran kami disini bentuk keberpihakan kami kepada UMKM dan disabilitas, ” ucapnya.

Gus Hanies berjanji pihaknya akan memfasilitasi agar Ummi dapat menjalin hubungan dekat dengan komisioner Komisi Disabilitas Nasional asal Lasem, Fatimah Asri Mutmainnah atau yang akrab disapa Teh Aci, sehingga akan membantunya dalam mengakses banyak hal tentang insan bertalenta khusus.

“Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM ini juga bisa membantu soal pemasaran dan sebagainya. Termasuk akses modal tanpa bunga, tanpa agunan dari BKK Lasem yang ternyata beliau belum tahu Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap UMKM,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wabup juga memborong beberapa hasil karya Ummi Hanik. Menurut Wabup, keset buatan bu dua anak itu memiliki kualitas bagus dan rapi.

“Kita nglarisi dan bantu promosi, bawa pulang oleh-oleh dari sini. Kualitasnya bagus, awet juga. Tadi kata Bu Ummi bertahun- tahun warnanya masih bagus, jahitannya masih utuh,” terangnya.

Sementara itu Ummi Hanik mengaku tak menyangka Wabup Hanies akan berkunjung ke rumahnya, karena memang tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Istri dari Moh Irvan ini mengaku sangat senang karena sudah dilarisi dan akan dikenalkan dengan komisioner Komisi Disabilitas, Teh Aci karena akan dapat menambah jejaring dan pengalamannya.

“Senang didatangi Wabup dapat perhatian dari pemerintah,” pungkasnya. Akh

Exit mobile version