Tertib Ukur Ribuan Alat Ukur Ditera Ulang

23-41-12-rembang

Rembang, Rembangcyber.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mendisiplinkan ribuan alat ukur timbang di wilayah Kabupaten Rembang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dinindagkop UKM) Rembang Mahfudz menyampaikan, pihaknya telah mencanangkan program tera ulang untuk alat ukur timbang. Tujuannya untuk memastikan agar semua transaksi yang menggunakan alat ukur terjamin akurasinya.

Penyerahan alat tera kepada petugas ukur dilakukan Selasa (18/1/2022). Selanjutnya petugas melakukan labelisasi kepada seluruh alat ukur yang ada di Rembang.

Total ada sekitar 13 ribu-an timbangan yang tersebar di berbagai lokasi dengan berbagai jenjs mulai jenis timbang meja, timbang elektronik, timbang pegas, dan lain-lain.

”Ada 13.400. Kami punya kewajiban untuk memastikan alat ukur yang ada,” ucapnya.

cek

Disebutkannya, tera ulang menyasar ke berbagai lokasi mulai pasar, stasiun pengisian bahan bakar, hingga pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Jumlah 13 ribu tersebut, lanjut Mahfudz, belum termasuk yang tersebar di pasar desa.

“Ke depan akan kita kembangkan sehingga bisa menyasar itu,” imbuhnya.

Dinindagkop UKM Rembang telah melaksanakan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) dan Satpol PP Rembang. Tera ulang dalam rangka mewujudkan daerah tertib ukur.

Mahfudz menjelaskan, di Rembang sendiri sudah ada UPT Metrologi yang tupoksinya memastikan akurasi alat ukur di wilayah Kabupaten Rembang.

Sedangkan sektor yang disasar diantaranya pasar, industri, jembatan timbang, termasuk pada PDAM.

“Harapan kami semua akan tersentuh. Semua harus taat meternya,” katanya. Rom

Exit mobile version