MUI Bentengi Generasi Muda Dari Narkoba

mui-rembang

Rembang, Rembangcyber.net – Narkoba menjadi momok bagi generasi muda saat ini. Dibutuhkan peran berbagai pihak utamanya tokoh agama dan alim ulama untuk turut membentengi generasi muda dari ancaman narkoba.

Salah satu peran strategis yang akan diambil Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rembang adalah turut serta mengatasi permasalahan narkoba melalui Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) .

Hal itu ditegaskan Ketua MUI Rembang, K Faqih Mudawwam usai pengukuhan Pengurus MUI masa khidmah 2021-2026 di Pendapa Museum RA Kartini, Sabtu (9/10/2021).

“Kita juga punya hak untuk bagaimana mengarahkan umat-umat biar jauh dari narkoba. Melalui Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) kita akan turut membentengi generasi muda dari narkoba,” ucapnya.

Ditambahkannya, MUI juga memiliki kewajiban untuk menjauhkan umat dari bahaya narkoba sebagai salah satu wujud ikhtiar MUI untuk meningkatkan peran ulama dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba sekaligus melindungi generasi bangsa dari ancaman narkoba.

cek

“Kita memiliki tanggungjawab menjauhkan umat dari bahaya narkoba,” imbuhnya.

Selain fokus pada permasalahan narkoba, MUI Rembang juga memiliki program Rumah Muallaf yang bertujuan untuk mengakomodir muallaf di Rembang sehingga para muallaf bisa mendapatkan pelayanan dan pendampingan bidang sosial, dan keagamaan.

“Untuk muallaf harus diopeni istilah bahasa jawanya. Biar memiliki perasaan bahwa mereka juga diperhatikan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyebutkan di Kabupaten Rembang ada 46 organisasi sosial kemasyarakatan yang bekerjasama dengan Pemkab untuk menangani permasalahan narkoba. Meski demikian, peran alim ulama dan tokoh agama tidak mungkin dikesampingkan dalam menangani permasalahan tersebut.

“Pemerintah tidak mungkin mampu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat kita tanpa melibatkan para alim ulama dan para tokoh agama yang ada di Kabupaten Rembang,” tuturnya.

Bupati Hafidz menegaskan peran MUI Rembang sangat dibutuhkan untuk merumuskan langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan oleh Pemkab Rembang dalam mengatasi permasalahan narkoba. Ia berharap gerakan Ganas Annar ke depannya memiliki sarana dan prasarana untuk menggerakkan masyarakat menjauhi narkoba.

“Bapak Ibu yang sudah dilantik sebagai pengurus gerakan nasional anti narkoba bisa merumuskan langkah-langkah yang nanti kita pakai acuan untuk melangkah sedikit demi sedikit supaya narkoba tidak menjadi-jadi bahkan menghilang dari Kabupaten Rembang,” pungkasnya. Rom

Exit mobile version