Asyik, BUMD Akan Miliki 10% Saham Eksplorasi Migas Sumber

direktur-pt-rme-zaenul-arifin

REMBANGCYBER.NET, KOTA – Eksplorasi minyak dan gas di Desa Krikilan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah membuka peluang bagi pemkab setempat mendapatkan saham 10 % dari pengelolaan sumur gas.

Direktur PT Rembang Migas Energi (RME) Zaenul Arifin menjelaskan, berdasarkan ketentuan jika sudah berubah fase dari eksplorasi ke produksi, maka Pertamina wajib menawarkan 10 % sahamnya kepada pemerintah daerah setempat, dalam hal ini Kabupaten Rembang dan Provinsi Jawa Tengah.

“Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral No. 37 tahun 2016. Namun demikian kalau pemdanya nggak aktif, ya bisa-bisa nggak dapet,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya memastikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Rembang Migas Energi (RME) akan bergerak aktif, supaya peluang tersebut bisa dinikmati Kabupaten Rembang.

Ditambahkannya, saat ini produksi minyak dan gas (migas) berada di sumur Randugunting-2 di Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang yang masuk dalam wilayah administrasi Rembang.

cek

“Makanya yang dapat Rembang dan Provinsi Jawa Tengah. 10 % saham harus kita yang dapat,” imbuhnya.

Atas perkembangan itu, imbuh Zaenul, Pemprov Jawa Tengah akhirnya membentuk holding perusahaan PT Jateng Petro Energi.

“Nantinya mereka akan bekerja sama dengan PT Rembang Migas Energi, membentuk perusahaan baru. Masing-masing dengan porsi saham 51 % untuk provinsi dan 49 % untuk Kabupaten Rembang,” imbuhnya lagi.

Zaenul menegaskan, saat ini pihaknya baru mengusulkan perubahan Perda mengenai PT RME sehingga bisa menjadi holding untuk bisa join dengan BUMD milik provinsi. Kedepan seluruh saham PT Jateng Petro Energi maupun PT Rembang Migas Energi harus 100 % milik pemda dan tidak boleh ada unsur swasta.

“Maka harus ada perubahan Perda tentang pembentukan PT Rembang Migas Energi, supaya kelak naik status menjadi holding atau perusahaan utama yang membawahi anak perusahaan. Ini harus menjadi prioritas. Targetnya tahun ini harus selesai, sehingga kami mulai tahun ini bisa setor PAD kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang,” pungkasnya. Aba

Exit mobile version