Warga Resah, Sedikitnya 30 Ternak Kambing, Mati Dimangsa Anjing Liar

kambing-dimangsa-anjing-liar

REMBANGCYBER.NET, SLUKE – Kawanan anjing liar kembali memangsa ternak kambing milik warga di Desa Manggar, kecamatan Sluke Rembang, Jawa Tengah pada Senin (8/3) dini hari. Akibat kejadian tersebut, tiga ternak warga mati.

Ternak yang mati tersebut milik Waskur, salah seorang warga Desa Manggar, Sluke.

Ternak kambing yang mati ditemukan dengan kondisi usus terburai. Dua kambing ditemukan masih di dalam kandang dan satu kambing lainnya, terseret sekira 100 meter di belakang kandang.

Diperkirakan, penyerangan oleh kawanan anjing liar pada dini hari sekira pukul 1 hingga pukul 2 WIB. Hal itu berdasarkan kesaksian warga yang sebelumnya sempat mendengar lolongan anjing dan tak lama berselang terdengar suara kambing mengembik keras.

Kepala Desa Manggar Kecamatan Sluke Aris Wibowo membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya, sedikitnya 30 kambing milik warganya mati dimangsa anjing liar dalam tiga bulan terakhir.

cek

“Sedikitnya 30 ekor kambing warga mati dimangsa kawanan anjing liar dalam tiga bulan terakhir. Terakhir semalam kambing milik Pak Waskur,” ucapnya, Senin.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, imbuh Aris, pihaknya telah mengimbau kepada warga pemilik ternak yang kandangnya berada di tegalan yang jauh dari pemukiman warga untuk sementara waktu di bawa pulang ke rumah. Hal itu sebagai antisipasi agar kejadian serupa tidak terus berulang.

“Kami sudah mengimbau warga untuk membawa pulang ternak mereka,” imbuhnya.

Aris menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak polsek setempat. Polsek juga mengimbau hal yang sama agar warga membawa pulang ternaknya demi keamanan.

Salah seorang warga Desa Manggar, Azis mengaku warga setempat cukup resah dengan peristiwa itu.

Dikatakannya, sebenarnya warga pemilik ternak sudah mengantisipasinya dengan melakukan ronda di area kandang. Hanya saja, tetap saja mereka kecolongan lantaran penyerangan anjing liar ke ternak mereka dilakukan saat mereka tidak berada di lokasi kandang. Aba

Exit mobile version