Tekan Penyebaran Corona, Warga Didorong Aktifkan Satgas Jogo Tonggo

Rakor terkait pengaktifan Satgas Jogo Tonggo.Aba/Rembangcyber

REMBANGCYBER.NET, KOTA – Pemerintah Desa didorong untuk menggiatkan Satgas Jogo Tonggo untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rembang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Rembang, Sulistiyono usai menggelar rapat koordinasi pengaktifan Satuan Tugas (Satgas) Jogo Tonggo sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, Selasa (5/1/2021) di Pendapa Museum RA Kartini.

“Penguatan implementasi jogo tonggo sangat penting dalam menekan kasus Covid-19 maupun penanganan keluarga pasien,” ucapnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaannya, Jogo Tonggo mancakup dua hal, yaitu jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi.

Jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan, dan pemantauan warga. Sementara jaring pengamanan ekonomi untuk memastikan tidak ada satu pun warga yang kelaparan saat terpapar atau saat wabah melanda dan mengusahakan kegiatan ekonomi warga tetap berjalan dengan baik setelah terpapar.

cek

“Seperti ketika ada pasien covid-19 atau keluarganya yang menjalani isolasi mandiri, tetangga bisa ikut membantu terkait kebutuhan mereka, karena yang menjalani isolasi mandiri tidak bisa pergi kemana-mana,” imbuhnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Rembang, Achmad Mualif menerangkan Kabupaten Rembang, selama 2 pekan ini menempati posisi rangking 3 nasional dalam penambahan kasus Covid-19. Aba

Exit mobile version