Petani Temukan Ratusan Koin Kuno Bertuliskan Huruf Cina

koin-kuno-rembamgcyber

Koin kuno yang ditemukan petani di Desa Megulung Sumber.Aba/Rembangcyber

REMBANGCYBER.NET, SUMBER – Seorang petani di Desa Desa Megulung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, menemukan ratusan pecahan koin kuno bertuliskan huruf Cina, Ahad (10/01/2021).

Salah seorang warga setempat, Margono menuturkan, penemuan koin kuno tersebut berawal saat Kastam, petani setempat tengah mencangkul di sawahnya hendak membuat pembenihan padi untuk tanam walik dami.

Saat mencangkut, tiba-tiba cangkulnya membentur benda asing di kedalaman sekira 25 centimeter.

“Setelah diamati ternyata terdapat gentong kecil (kendil) berisikan ratusan keping uang koin kuno yang bertuliskan huruf Cina dan terdapat lobang pada bagian tengahnya,” terangnya, Ahad (10/1/2021).

Margono menambahkan, di desanya baru kali ini ada kejadian penemuan uang kuno dalam jumlah banyak.

cek

“Tadi sempat di timbang, kira-kira bobot koin kuno tersebut totalnya 4 kilo gram,” imbuhnya.

Atas temuan itu, Margono berharap dinas terkait turun tangan untuk meneliti temuan tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Purwono saat di konfirmasi wartawan mengatakan pihaknya segera mengecek temuan uang kuno tersebut.

“Kami akan cek, selanjutnya akan kita teruskan ke instansi yang menangani cagar budaya. Nantinya barang temuan tersebut akan kita amankan terlebih dulu, dengan diketahui Kepala Desa dan Polsek setempat,” terangnya. Aba

Exit mobile version