Moderasi Beragama di Lasem Bersama Gus Sholahuddin Fatawi

Moderasi Beragama di Lasem Bersama Gus Sholahuddin Fatawi

REMBANGCYBER.NET, KOTA – Pondok Pesantren Al Hidayat Lasem ramai-ramai didatangi oleh kelompok peserta KKN dari UIN Walisongo Semarang, Kamis, 5 November 2020. Mereka mengadakan seminar online atau webinar bersama KH. Sholahuddin Fatawi atau yang lebih akrab disapa Gus Uddin.

Webinar diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom dengan latar tempat di “ndalem” Gus Uddin sendiri. Dengan tema “Kilas Balik Moderasi Beragama; Lasem Sebagai Lintasan Sejarah Toleransi Nusantara”.

Webinar ini diisi langsung oleh Gus Uddin yang mana sudah berkompeten pada materi tersebut.

Dalam inti materinya, Gus Uddin memaparkan bahwa; Jika kita ingin beragama dengan utuh kita harus moderat yakni dengan mengkombinasikan teks dan nalar.

Selain itu, tentunya banyak sekali hikmah yang dapat dipetik oleh pemaparan beliau.

cek

Abdullah Sulkhan, salah satu anggota kelompok KKN mengungkapkan, Gus Uddin merupakan sosok yang tepat untuk memaparkan materi itu.

“Kiprah beliau sebagai ketua PCNU Lasem sebenernya sudah keliatan. Pastinya ngerti banget perihal toleransi antarumat beragama, Islam moderat, dan lain-lainnya,” ucapnya.

Acara webinar berlangsung sekitar satu setengah jam terasa sangat singkat karena penjelasan Gus Uddin yang sangat mengasyikkan.

Gus Udin mampu mengemas suasana menjadi seru dan menyenangkan walaupun hanya melalui layar laptop dan audiens secara langsung hanya berjumlah 15 anak.

“Meski online, partisipan yang ikut zoom lumayan banyak kok. Ya karena temanya menarik, ya. Yaitu mengangkat kehidupan toleransi beragama di Lasem. Apalagi Gus Uddin seru gitu bawainnya,” terang Naili Khoirunni’mah, Ketua panitia acara webinar tersebut.

Di akhir pertemuan, Gus Uddin tak lupa juga memberi dorongan semangat serta doa untuk para peserta KKN. Gus Uddin mengharapkan agar tetap saling menjaga kekompakan dan tali silaturrahim sampai kapanpun. -ANs

Exit mobile version