Ikrar Damai Calon Kades ikhtiar Ciptakan Suasana Kondusif

img_20191030_093215-768x461-9350311
Ikrar Damai calon Kades se-Kecamatan Sulang. (Rom/Rembangcyber)

REMBANGCYBER.NET, SULANG – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 6 November 2019, Kepolisian Sektor (Polsek) Sulang Polres Rembang mengadakan ikrar damai calon kepala desa se-Kecamatan Sulang di Aula Gedung Sunan Bonang, Rabu (30/10/2019).

Sebelum ikrar damai, juga dlaksanakan apel kesiapan pengaman Pilkades yang melibatkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), calon kepala desa, tim sukses masing- masing calon, panitia Pilkades dan kepala desa sera pelaksana tugas kades.
Kapolsek Sulang  Iptu Heri Basuki mengatakan ikrar damai dan apel kesiapan pengamanan Pilkades bertujuan untuk menjalin silaturahmi sesama calon kepala desa serta menguatkan komitmen bersama untuk menciptakan suasana yang sejuk, nyaman dan damai baik menjelang, saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan Pilkades serentak 6 November 2019.
“Kegiatan ini diikuti 49 calon kades dar 18 desa di Kecamatan Sulang yang menggelar Pilkades serentak. Intinya kami mengajak semua komponen baik panitia, calon, tim sukses dan Satlinmas untuk menjaga suasana yang sejuk dan kondusif. Silahkan berkompetisi yang baik sesuai aturan. Dengan demikian nantinya kita akan mendapatkan pemimpian terbaik diantara semua calon yang baik,” tegas Kapolsek Sulang, Iptu Heri Basuki.
Senada, Camat Sulang, Slamet Haryanto menegaskan apel kesiapan pengamanan Pilkades dan ikrar damai sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang kondusif sehingga Pilkades setentak di Kabupaten Rembang secara umum, khususnya di Kecamatan Sulang dapat berjalan lancar dan aman.
“Dengan kondisi yang aman maka proses demokrasi di tingkat desa bisa dilaksanakan secara baik berazaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ucap Camat Slamet Haryanto.
Camat Slamet Haryanto juga meminta panitia Pilkades agar melaksanakan tugasnya secara profesional dan transparan serta tidak memihak kepada salah satu calon.
“Bagi calon yang maju dalam Pilkades kami mengajak semuanya untuk bersama menjaga situasi kondusif dan dapat menerima hasil pilkades serta dapat mengendalikan seluruh tim sukses dan pendukung,” imbuhnya.
Salah seorang calon kepala desa asal Desa Korowelang Kecamatan Sulang, Febnina Setia Abiasti mengaku senang dengan diadakannya ikrar damai yang diprakarsai oleh Polsek Sulang.
“Setelah ikrar dami ini tentunya kami sangat berharap semua  berjalan lancar sesuai harapan. Menang kalah hal biasa, yang terpenting tetap bersaudara dan tetap terjalin silaturahmi dengan baik,” ucapnya.
Pilkades serentak akan dilaksanakan oleh 237 desa di Kabupaten Rembang , 18 desa diantaranya berada di wilayah Kecamatan Sulang.
Saat ini, proses tahapan terus berjalan. Masa kampanye akan dilaksanakan tanggal 3-4 November 2019 dan pemungutan serta penghitungan suara akan dilaksanakan Rabu, 6 November 2019. (Rom)

cek
Exit mobile version