Ketika Chika Jessica dan Jirayut Makan Siwalan dan Minum Legen Rembang

hari2bjadi2brembang2-2124731
Gunungan Siwalan. (Rom/Rembangcyber)

KOTA, REMBANGCYBER.net – Ribuan warga Rembang, Jawa Tengah menyemut di Alun-Alun Rembang, pada Sabtu (27/7) pagi.
Mereka antusias menyaksikan ritual peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-278 Kabupaten Rembang.

Puncak perayaan hari jadi ditandai dengan mengarak gunungan buah siwalan dari Pendapa Museum Kartini Rembang ke Alun-Alun Kota Rembang yang berjarak tidak lebih dari 200 meter.

Siwalan sendiri merupakan salah satu buah khas yang banyak dijumpai di Kabupaten Rembang. Buah siwalan berasal dari pohon lontar jantan. Rasanya kenyal dan manis mirip kolang-kaling. Sedangkan pohon lontar betina menghasilkan sari bunga yang disadap menjadi legen atau nira.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan, siwalan dan legen merupakan salah satu hasil pertanian Rembang yang banyak diminati masyarakat luar daerah.

“Ini momentum untuk terus berbenah. Rembang mempunyai banyak potensi yang dapat diandalkan untuk mendongkrak kemajuan daerah. Kami memiliki banyak kesenian daerah, kuliner khas, batik tulis dan potensi lain. Kami ingin mempromosikan kepada masyarakat luas melalui kegiatan ini,” ucap Bupati Hafidz.

Bupati Hafidz promosikan kuliner khas Rembang. (Rom/Rembangcyber)

Pada kesempatan itu, Bupati Hafidz juga membagikan 278 gelas air legen kepada pengunjung. Selanjutnya, mereka meminum legen tersebut secara bersama.

Puncak peringatan semakin meriah dengan digelarnya panggung hiburan dengan menampilkan sejumlah kesenian daerah seperti thong-thong lek dan Pathol Sarang.

Tersaji juga aneka kuliner khas Rembang seperti lontong tuyuhan, sate serepeh, kelo mrico dan makanan khas lainnya.

Melengkapi kegembiraan yang ada, sejumlah artis ibukota juga turut mengisi panggung hiburan. Mereka diantaranya host Chand Kelvin, Chika Jessica, Jirayut, Putri Dangdut Akademi, Rita Sugiarto, Faul LIDA, Dhimas Tedjo, Susi Bintang Pantura, Ratu Bintang Pantura, Fijo Bintang Pantura dan Bagindas.

Acara tersebut juga disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi swasta nasional.

Sekda Rembang, Subakti mengatakan, kegiatan hari jadi tidak hanya sekedar hiburan tapi juga momentum untuk mempromosikan Rembang ke kancah nasional.

“Digelarnya panggung hiburan dengan bintang tamu dari ibu kota diharapkan mampu menghibur masyarakat Rembang dan sekitarnya. Dampaknya, usaha mikro kecil, pedagang kecil bisa menikmatinya. Ini juga media promosi kami agar Rembang dilirik para investor,” terang Subakti. (Rom)

cek
Exit mobile version