FSKM Komitmen Wujudkan Kemandirian

fskm-8389751

SARANG, rembangcyber.com – Forum Silaturahim Kiai Muda (FSKM) Jawa Tengah berkomitmen mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi, keilmuan dan media bagi dunia pesantren.

Demikian dikatakan Ketua FSKM, Aqomadin Shofa dari Pondok Pesantren Al Hikmah Brebes usai acra pelantikan pengurus anyar FSKM masa hidmat 2016-2021 di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang, Jumat (28/10).

“Mandiri di bidang ekonomi dengan menciptakan kegiatan produktif berbasis pesantren yang nantinya bisa mendongkrak ekonomi santri. Sehingga, ketika lulus dari pondok pesantren, maka santri sudah memiliki pegangan atau skill wirausaha yang tak hanya pintar mengaji saja,” katanya.

Untuk kemandirian di bidang keilmuan, tambahnya, dengan pemetaan keilmuan atau jenjang ilmu agar santri mampu berdaya saing di era masa kini.

“Sedangkan mandiri di bidang media, para kiai muda harus bisa selalu memberikan informasi kepada publik tentang kemajuan santri sehingga publik bisa menilai bahwa santri yang ada di pondok pesantren bisa maju, bisa unggul dengan yang lainnya,” tegasnya.

Selain pelantikan pengurus baru, FSKM juga menggelar seminaar bertajuk Membangun Pesantren dan Menghidupkan Nilai Nilai Sejarah serta Peradaban yang Telah Dibangun Leluhur.

FSKM Jawa Tengah merupakan forum komunikasi yang berangotakan 180 pondok pesantren se-Jawa Tengah. (Rom)

cek
Exit mobile version