PPNI: Perawat Bukan Pembantu Dokter

img_20160515_192924-640x360-5841017



Rembangcyber.com, Rembang – Perawat bukan pembantu dokter melainkan mitra kerja dokter. Demikan dikatakan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Rembang, Tabah Tohamik saat peringatan Hari Perawat Sedunia atau Interntional Nurse Day 2016, Minggu (15/5).

“Imej masyarakat selama ini yang menganganggap perawat adalah pembantu dokter harus kita ubah. Perawat merupakan profesi mandiri. Perawat bukan pembantu dokter melainkan mitra dokter yang berkolaborasi sehingga menghasilkan pelayanan kesehatan yang profesional,” ucapnya.

Tohamik menambahkan, sebagai profesi mandiri, perawat tidak hanya  bekerja di bawah perintah dokter namun memiliki kewenangan tersendiri unutuk merawat pasien.

“Hubungannya sebagai mitra kesehatan yang berkolaborasi,” tambahnya.

Peringatan Hari Perawat Internasional di Rembang dilakukan dengan menggelar aksi donor darah yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Kegiatan yang dipusatkan di kompleks alun-alun Rembang ini sebagai wujud kepedulian perawat kepada sesama dan pengabdian kepada masyarakat.

Hari Perawat Internasional diperingati setiap tanggl 12 Mei. Peringatan ini tidak lepas dari peran Florence Nightingale, pelopor perawat modern, yang dikenal dengan “The Lady With The Lamp atau Sang Wanita dengan Lampu. Hari Perawat Internasional bertepatan dengan hari kelahiran Florence pada 12 Mei 1820 di Firenze, Italia.

Hari Perawat Internasional bertujuan memperingati para perawat sedunia atas kontribusinya terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (AM)

cek
Exit mobile version