SD Sridadi Juara PKA Jawa Tengah

REMBANG, RC – SD Sridadi berhasil menjuarai Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari Kategori Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM Tingkat Jawa Tengah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP dan P4K) Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto mengatakan keberhasilan SD Sridadi menjuarai lomba PKA diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk  menumbuhkan kecintaan para siswa kepada lingkungan sekitar melalui program KMDM.

“ini sangat membanggakan dan bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya,” ucapnya, Senin (7/9).

Selain SD Sridadi, program KMDM juga sudah dilaksanakan di SD Glebeg Kecamatan Sulang, SD Kemendung Kecamatan Rembang , dan SD Demaan Kecamatan Gunem.

“Kedepannya kita ingin lebih banyak lagi SD yang menjalankan program KMDM karena efektif untuk menjadikan anak lebih peduli dan mencintai lingkungan,” tambahnya.

cek

Diberitakan sebelumnya, SD Negeri Sridadi Kecamatan Rembang serius mengembangkan kebun sekolah. Melalui Program Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM), para siswa diajarkan cara menanam dan merawat berbagai tanaman.

Kepala Sekolah SD Sridadi, Suparmin mengatakan, program KMDM merupakan upaya untuk menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap lingkungan sejak usia dini.

“Kita tanamakan kepada siswa untuk mencintai tanaman dan lingkungan sejak dini. Mereka sangat antusias sehingga lebih bersemangat dalam belajar,” ucap Parmin.

Parmin menambahkan, Program KMDM diterapkan kepada siswa kelas tiga, empat, lima dan enam. Setiap siswa diajarkan menanam satu tanaman dan berkewajiban merawatnya hingga tanaman tumbuh subur.

“Dari situlah anak-anak mulai mencintai tanaman. Saking cintanya, mereka setiap hari merawatnya sendiri tanpa harus disuruh. Bahkan ada siswa yang memaksa masuk sekolah meski sakit atau sedang ada keperluan dengan keluarga karena ingin merawat tanamannya,” imbuhnya.

SD Sridadi saat ini tengah mengembangkan kebun sekolah dengan aneka tanaman palawija, rempah-rempah, buah-buahan dan sayuran (antapalembusa).

Kegigihan para guru dan siswa mengembangkan berbagai tanamn di lahan sekolah sehingga sekolah menjadi hijau royo-royo, mengantarkan SD Sridadi menyabet gelar juara pada Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam (PKA) Wana Lestari Kategori Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) tahun 2015.

 Pada 2014, SD Sridadi hanya mampu berada di urutan ke dua di Jawa Tengah. (AM)

Exit mobile version