Indahnya Akik Kembang Johar

Bisnis ( Soloraya Cyber ) – Batu Kembang Johar ini berwarna kuning. Batu ini banyak diburu para kolektor. Tak heran harganya paling murah saja Rp 1,5 juta. Itu pun kalau beruntung bertemu pedagang yang mau menjualnya. Di pasar batu Kanoman Cirebon saja hanya ada satu dua pedagang yang memiliki stok barang.
Saat ini demam akik melanda hampir seluruh kota di Indonesia. Tak sedikit pusat-pusat penjualan akik pun bermunculan di berbagai kota, salah satunya di Cirebon, Jawa Barat di mana batu akik Kembang Johar menjadi andalan dan kebanggaannya. Inilah ciri-ciri dan harga batu akik Kembang Johar.
“Batu Kembang Johar ini galian dari Gunung Jati, Cirebon,” jelas Dasep seorang pedagang , Selasa (12/05/2015).
Gunung Jati itu tanah milik keraton Cirebon. Jadi tak sembarang bisa melakukan penggalian. Alhasil, Batu Kembang Johar pun cukup langka dan sulit didapatkan.
Sebenarnya ada batu lain selain Kembang Johar, ada Katilayu, Ambar Jati, dan Ambar Kelor. Batu-batu ini umumnya galian di tanah keraton, baik yang di Cirebon maupun Indramayu.
Di Solo batu kembang johar juga banyak dicari beberapa hari lalu juga ada beberapa pedagang di Bursa Pameran Akik Sitinggil Karaton Kasunanan Solo yang menjual batu tersebut namun sudah habis terjual semua.
“ Stok kosong belum ada kiriman lagi dari Cirebon, barang susah didapat mas ‘ jelas Sholeh salah satu pedagang dipameran dan bursa akik Sitinggil Karaton Solo

cek
Exit mobile version